Minggu, 15 April 2018

Studi Ekskursi: Topkapi Palace, Turkey

Firza Adrian

BAB I


Sejarah Topkapi Palace

Setelah penaklukan Istanbul oleh Mehmed the Conqueror pada tahun 1453, pembangunan Istana Topkapi dimulai pada tahun 1460 dan selesai pada 1478. Istana dibangun di atas area 700.000 squaremeters di Acropolis Romawi Timur yang terletak di Semenanjung Istanbul antara Laut Marmara, Bosphorus dan Golden Horn. Istana Topkapı, adalah pusat administrasi, pendidikan dan seni Kekaisaran selama hampir empat ratus tahun sejak Mehmed Sang Penakluk sampai Sultan Abdulmecid yang merupakan Sultan ke tiga puluh satu. Meskipun Istana ditinggalkan oleh Dinasti Ottoman dengan pindah ke Istana Dolmabah di abad ke-19, Istana Topkapı dilindungi kepentingannya setiap saat.


Setelah pembentukan Republik Turki, Istana Topkapi, diubah menjadi museum pada tanggal 3 April 1924 dan juga merupakan museum pertama Republik Turki. Topkapı Palace Museum mencakup sekitar 400.000 squaremeters pada saat ini. Istana Topkapi terbagi dari kota dari sisi darat oleh Imperial Walls yang dibuat oleh Mehmed the Conqueror. Ini terbagi dari kota juga dari sisi laut oleh Tembok Byzantium. Istana Topkapı adalah salah satu museum istana terbesar dengan struktur arsitekturalnya, koleksi dan sekitar 300.000 arsip kertas.

Ada lingkungan seperti kebun dan alun-alun di sekitar Istana. Istana yang Gerbang Utama terletak di sisi Hagia-Sophia, memiliki empat halaman yang memiliki bagian di antara mereka. Di halaman pertama, Gereja Hagia-Irene yang digunakan sebagai gudang senjata dan bangunan layanan luar seperti Mint, Oven dan Rumah Sakit berada di sana.

Halaman kedua adalah Alun-Alun Divan (Square of Justice) yang menjadi tuan rumah bagi gedung administrasi benteng Kekaisaran. Halaman ini juga merupakan halaman upacara. Divan-ı Hümayun (Kubbealtı / Dewan Kekaisaran) dan Departemen Keuangan dari Divan-ı Hümayun terletak di halaman itu. Di belakang struktur dipan, ada Menara Kehakiman yang mewakili keadilan Sultan. Asrama Halberdiers dengan Tresses dan Pintu Masuk Harem juga terletak di halaman ini. Ada juga struktur Stable Privy di sisi yang sama di sekitar halaman dalam. Di sisi Marmara Courtyard of Justice, ada Dapur Istana dan bangunan layanan tambahan. Babüssaade (Gate of Felicity) di mana upacara koroner, pemakaman, dan festival diadakan di sisi utara Courtyard of Justice.

Halaman ketiga (Enderun - Istana Dalam) adalah bagian yang Istana dididik dan ditugaskan untuk jajaran tinggi Negara. Itu dibentuk oleh asrama dan struktur milik Sultan. Hall of Audience di mana Sultan menerima wazir dan duta besar, Perpustakaan Enderun yang dibangun oleh Sultan Ahmed III, Treasury of Enderun juga dikenal sebagai Conqueror's Pavilion, Privy Room (Chamber of Sultan) dan Masjid Aghas 'yang dibangun untuk Enderun aghas di pemerintahan Fatih adalah struktur penting dari halaman ini. Courtyard dikelilingi oleh Ruang Besar dan Kamar Kecil, Bangsal Pasukan Ekspedisi, Bangsal Pantri, Bangsal Harta Karun, dan Bangsal Kamar Pribadi yang ditambahkan ke Kamar Privy pada abad ke-19.


Dari Kamar Privy, dan Courtyard Enderun, ada lorong ke halaman Imperial Sofa yang menjadi tuan rumah bagi kios dan kebun. Di bagian Teras Marmer di halaman ini, ada Kios-kios Revan dan Baghdat, Ruang Sirkumsisi, dan Kanopi Iftaree. Di bawah teras ini, ada taman bunga gantung yang dikelilingi oleh Kios Sofa kayu dan Menara Kepala-Dokter. Di sisi Marmara di taman ini, ada Masjid Sofa, Kios Mecidiye, dan Ruang Lemari Pakaian. Juga diketahui bahwa ada banyak kios dan struktur layanan di Privy Gardens yang mengelilingi Istana di poros Maramara, Seraglio-Point dan Golden Horn.



BAB II
TIPOLOGI BANGUNAN



Topkapi Palace yang terletak di pinggir selat Bosphorus juga tidak jauh dari Hagia Shopia. Dibalik tembok benteng terdapat bangunan-bangunan yang disediakan untuk tempat tinggal raja, keluarga juga para pembantunya, diantara gedung-gedung ditanami pepohonan juga taman-taman yang indah. Tercatat dahulu komplek istana pernah dihuni oleh sekitar 4000 orang, yang tinggal di bangunan-bangunan kecil, terdapat pula 4 lapangan utama. Topkapi Palace ini memiliki luas sekitar 700.000 meter persegi, dikelilingi benteng sepanjang 5 Km. kemudian ada sebuah bangunan yang memiliki 20 cerobong asap, ternyata bangunan tersebut merupakan sebuah dapur kerajaan, dapur yang dibuat di abad 15 ini memiliki 10 bangunan begitu besar. Di koridor bangunan tersebut terdapat prasasti-prasasti yang bertuliskan arab, prasasti tersebut merupakan peninggalan-peninggalan yang ditemukan di sekitaran istana.

Struktur

Istana Topkapi adalah kompleks yang luas daripada struktur monolitik tunggal, dengan berbagai macam bangunan rendah yang dibangun di sekitar halaman, yang saling berhubungan dengan galeri dan lorong. Arsitektur monolitik meliputi bangunan-bangunan yang diukir, dilemparkan atau digali dari satu bagian material, dalam bentuk-bentuk historis bebatuan. Bentuk paling dasar dari arsitektur yang dibangun dari monolit adalah bangunan yang dipotong batu, bangunan dengan bahan struktural yang dituangkan ke tempat, paling sering dengan beton , juga dapat digambarkan sebagai monolitik. Istilah monolit dan elemen seperti kolom monolitik biasanya digunakan untuk benda-benda yang terbuat dari sepotong batu besar tunggal yang terlepas dari tanah.


BAB III

Eksterior, Interior, Landscape


Courtyard I

Babı Hümayun / The Imperial Gate


Bâb-ı Hümâyûn, pertama dari tiga gerbang seremonial Istana Topkapi, dibangun pada tahun 1478 oleh Sultan Mehmet Sang Penakluk, adalah pintu masuk ke halaman pertama. Awalnya dibangun pada rencana persegi panjang, struktur simetris dua lantai dengan bagian berkubah antara sisi eksterior dan interior. Bagian ini mengingatkan kembali pada portal monumental istana abad pertengahan; kedua ceruk di kedua sisinya mengingatkan pada struktur Seljuk. Lantai atas (pondok kerajaan) digunakan oleh sultan untuk mengamati berbagai upacara dan pawai. Ditulis dengan marmer di bagian dalam dan eksterior, ayat-ayat Alquran, tanda tangan kekaisaran (tuğra) dari Sultan Abdülaziz dan sebuah prasasti berbahasa Arab yang ditandatangani oleh Ali b. Yahya es Sufi bertanggal 1478.

Babusselam - Gate of Salutation ( Middle Gate )

Sultan Mehmed Sang Penakluk memiliki gerbang tengah yang dibangun pada tahun 1468. Setelah perbaikan selesai selama Suleyman, pemerintahan yang luar biasa, gerbang portal batu gerbang yang dipotong dengan batas-batas yang lebar dan ceruk samping mencerminkan gaya arsitektur Ottoman klasik, dan dua menaranya menyerupai pintu masuk kastil Eropa. Pintu besi adalah karya İsa bin Mehmed pada tahun 1524. Pada sisi yang menghadap ke halaman pertama, terlihat Kelime-i Tevhid (pernyataan iman Islam), tanda tangan Sultan Mahmud II, plakat marmer dengan tulisan tentang reparasi tertanggal 1758, dan tanda tangan Sultan Mustafa III. Di sisi yang menghadap ke halaman kedua, lengkungan gaya Rococo bertanggal abad ke-18, dan lanskap tertanggal abad ke-19. Bangsal yang digunakan oleh penjaga di kedua sisi gerbang tidak lagi ada.
Tidak ada yang menunggang kuda tetapi Sultan diizinkan melewati gerbang upacara ini, yang mengarah ke bagian utama istana. Hari ini berfungsi sebagai pintu masuk pengunjung ke Museum.

I. Avlu (Alay Meydanı)

Halaman pertama (luar) yang disebut Birun adalah yang terbesar dari ketiganya. Para sultan Ottoman melewati gerbang ini dengan kemegahan besar ketika mereka pergi keluar untuk berkampanye dan saat mereka kembali, serta ketika pergi ke salat Jumat dan untuk upacara. Halaman ini juga digunakan sebagai tempat menunggu sebelum acara penting seperti menerima duta besar asing, Janissari, pelayan dan kuda. Ini adalah satu-satunya bagian Istana yang terbuka untuk umum

Hagia Irene

Gereja tidak diubah menjadi masjid setelah penaklukan Istanbul. Beberapa perubahan dilakukan pada interior dan eksterior dan digunakan sebagai Cebehane (depot senjata). Dua tablet prasasti marmer yang telah dipugar menghiasi entri portico yang ditambahkan oleh Sultan Ahmet III. Salah satunya dikembalikan pada tahun 1726 oleh Darü’l-Esliha dan senjata-senjata di dalamnya diatur, sehingga gereja dengan jelas telah berubah menjadi museum senjata. Prasasti lainnya, tertanggal 1744 pada masa pemerintahan Sultan Mahmud I, menunjukkan itu berubah menjadi depot senjata lagi setelah restorasi. Pada abad ke-19, depot senjata diberi nama "Harbiye Ambarı" (depot akademi perang). Pada tahun 1846, atas prakarsa Tophane Müşiri (Pemimpin Komandan Artileri) Fethi Ahmed Pasha, isinya disusun menjadi dua bagian dan bangunan itu secara resmi bernama Museum Munisi dan Artifak Maut. Kemudian digunakan lagi sebagai depot. Pada tahun-tahun 1908-40 itu berfungsi sebagai Museum Militer.

Courtyard II

Second Court / Administrative Buildings

Halaman itu selesai mungkin sekitar 1465 selama masa pemerintahan Sultan Mehmet II (Sang Penakluk), tetapi menerima penampilan terakhirnya sekitar 1525-1529 pada masa pemerintahan Sultan Suleyman I (Yang Luar Biasa) di mana ia diperluas dan direnovasi. Ini adalah pusat administrasi Kekaisaran Ottoman dan alun-alun tempat upacara diadakan. Itu dikelilingi oleh arcade di keempat sisinya. Sumbu utama dari halaman yang memiliki berbagai sumbu adalah poros Gate of Felicity (Bâbü's-Saâde) yang mewakili Sultan. Di sisi kanan halaman kami menemukan dapur istana; di sisi kiri ada Divan Lounge atau Aula Dewan (Divanhane), Perbendaharaan Luar, Gerbang Harem, Menara Keadilan, dan Bangsal Halberperiers yang Tersembunyi. The Council Hall, yaitu Dewan Kekaisaran (Dîvan-i Hümâyûn), juga disebut Kubbealtı, yang berarti "di bawah kubah", mengacu pada atap kubah ruang utama dewan. Pada tingkat yang lebih rendah di bagian belakang arcade halaman terletak Kubah Kerajaan dan Masjid Beshir Agha (Beşir Aga). The Second Courtyard juga disebut sebagai Divan Square (Divan Meydanı) atau Justice Square karena menjadi tempat dari dua lembaga penting, Dewan Balai (Divanhane) dan Menara Keadilan di mana urusan negara sedang dibahas empat kali seminggu.
Halaman ini adalah tempat dimana akses para sultan ke upacara tahta (Cülûs) berlangsung (H. 1524, 25b-26a) serta upacara untuk menyerahkan Spanduk Suci (Sancak-ı Şerif) kepada komandan pasukan ekspedisi yang sedang melakukan kampanye militer; Penerimaan Malam (Arife Divanı) - diadakan sehari sebelum hari raya keagamaan-Bayram -; Penerimaan Salam Bayram (Bayramlaşma Töreni) (B. 200, 159b-160a); upacara-upacara yang diadakan pada kesempatan penyerahan gaji trimontoh (ulûfe) ke Tentara Kavaleri (Sipahi) dan Janissari; dan upacara yang diselenggarakan untuk penerimaan duta besar asing. Upacara distribusi gaji, yang berlangsung setiap tiga bulan adalah acara paling mulia yang disebut Victory Gathering (Galebe Divanı). Penerimaan tamu asing dan duta besar biasanya diatur untuk hari yang sama, sehingga mereka dapat menonton sementara gaji dan makanan dibagikan dengan cara mewah kepada para prajurit yang berbaris di sepanjang arcade halaman, sehingga menciptakan kesempatan untuk menampilkan kekayaan dan kekuatan Kekaisaran Ottoman. Para duta besar kemudian diterima oleh Wazir Agung di ruang Dewan, di mana sebuah pesta diadakan untuk menghormatinya.

Imperial Council - Dîvan-i Hümâyûn / Kubbealtı
The Council Hall pertama adalah struktur kayu yang dibangun di bawah Fatih Sultan Mehmet II (The Conqueror) (1451-1481). Struktur arcaded saat ini adalah produk dari pekerjaan konstruksi ulang yang dilakukan pada 1527-29 di bawah Sultan Suleyman yang Agung oleh Kepala Arsitek Alâeddin dan berbagai renovasi berturut-turut yang dilakukan sesudahnya. Dinding bagian dalam dilapisi marmer selama abad ke-16. Ornamen tertentu dan kepala kolom stalaktit dan lengkungan serambinya dan simbol marmer kuasa memahkotai tanggal gapura kosong dari periode abad ke-16 dari bangunan tersebut. Struktur ini menerima penampakan masa kini melalui ornamen yang ditambahkan selama renovasi yang dilakukan pada 1792 di bawah pemerintahan Sultan Selim III. Lengkungan ditutup dengan grid berlapis emas dan pintu dengan rococo relief ditambahkan. Salah satu dari dua prasasti dalam ayat di façade bangunan, yang mengalami renovasi lebih lanjut pada tahun 1819 pada masa pemerintahan Sultan Mahmut II, milik Sultan Selim III dan yang lainnya untuk Sultan Mahmut II. Dinding lengkungan Kantor Panitera dari Dewan Kekaisaran (Divan-i Hümâyûn) menyandang monogram Sultan Mustafa III.
The Imperial Council (Dîvan-i Hümâyûn), juga disebut Kubbealtı, terdiri dari tiga departemen, yaitu, Dewan Chamber seperti di mana urusan negara sedang dibahas, kantor panitera di mana keputusan yang diambil oleh Dewan dituliskan, dan registry (Defterhane) di mana dokumen dan catatan keputusan diarsipkan. Dewan Kekaisaran akan bersidang empat hari seminggu. Para anggota Dewan, yaitu Wazir Agung, Kubbealti Viziers, Hakim Militer Anatolia dan Rumelia (bagian Eropa dari Kekaisaran Ottoman) akan berunding mengenai urusan negara, mengambil keputusan dan menyatakan penilaian terhadap kasus-kasus peradilan untuk diserahkan kepada Sultan sebagai penguasa tertinggi. Syekh ul-lslam, pejabat agama utama di Kekaisaran Ottoman, (Şeyhülislam) akan, ketika diundang, berpartisipasi dalam beberapa pertemuan penting. Perwira lain dari Dewan itu, petugas yang bertugas membubuhkan monogram Sultan pada keputusan dan dokumen resmi lainnya: nişancı; bendahara: defterdar; Kepala Panitera dan Menteri Luar Negeri: Reis-ül Küttab; para penulis komunikasi / pesan, izin, lisensi, dan sertifikat resmi: tezkereciler dan para juru tulis: kâtipler. Pada pertemuan-pertemuan ini, urusan politik, administratif, keuangan, dan adat negara dan kasus-kasus publik yang penting dibahas. The Council Hall juga merupakan tempat di mana Grand Viziers akan menerima duta besar asing dan di mana upacara pernikahan anak-anak perempuan Sultan akan berlangsung.
Sultan Ottoman tidak akan berpartisipasi dalam pertemuan yang diadakan di Dewan Balai (Kubbealtı). Sebagian besar waktu mereka akan mengikuti pertimbangan Dewan di sebuah ruangan Menara Keadilan dari balik jendela panggang yang menghadap ke Dewan Chamber. Ketika Sultan tidak setuju dengan keputusan khusus dari Dewan, dia akan menutup tirai jendela sebagai sinyal untuk mengakhiri pertemuan. Dalam kasus seperti itu, Wazir Agung dan wazir kemudian akan melanjutkan ke Kamar Pemirsa untuk melanjutkan konsultasi mereka tentang masalah di hadapan Sultan. (Miniatur pertemuan Dewan dan ukiran d'Ohsson).
Dewan Balai (Kubbealtı) ditandai dengan serangkaian simbol mewujudkan keadilan negara. Fakta bahwa interior Dewan Kamar terlihat dari luar karena dipisahkan dari eksterior hanya melalui grid emas berarti bahwa keputusan Dewan itu tidak bersifat rahasia dan bersifat umum. Di sisi lain, fakta bahwa Sultan mengikuti pertemuan Dewan dari jendela panggangnya berarti bahwa meskipun ia telah melimpahkan kekuasaannya kepada Negarawan yang duduk di Dewan, ia secara pribadi memastikan bahwa tidak ada ketidakadilan yang dilakukan terhadap warga Kekaisaran.

Tower of Justice

Menara ini awalnya dibangun di bawah Sultan Mehmet II (Sang Penakluk) (1444-46 / 1451-81) sebagai menara kios dan kemudian direnovasi dan diperbesar oleh Sultan Suleyman yang Luar Biasa antara 1527 dan 1529. Menara ini berada di puncaknya sebuah pucuk kayu ditutupi dengan atap berbentuk kerucut. Sultan Mahmut II menaikkan menara lebih jauh dengan merekonstruksi lenteranya pada tahun 1825 (1820). Akhirnya, sebuah belvedere dalam gaya Kerajaan ditambahkan ke menara selama masa pemerintahan Sultan Abdülaziz (1861-76). Tangga dari menara lima lantai berasal dari abad ke-19. Menara ini dibangun sebagai contoh menara istana tradisional yang memungkinkan kedaulatan untuk melihat kota dan istana, dan khususnya, untuk mengikuti pertemuan Dewan dari jendela panggangnya

Outer Treasury

Gedung Perbendaharaan Luar, yang saat ini digunakan sebagai Bagian Senjata, pada awalnya dibangun di bawah Sultan Mehmet II (Sang Penakluk) (1451-181), dan kemudian dihancurkan bersama dengan bekas Dewan Balai dan digantikan oleh bangunan baru yang didirikan antara 1526 dan 1528. selama masa Sultan Suleyman yang Luar Biasa. Struktur ditutupi dengan delapan kubah yang bertumpu pada tiga pilar penopang besar.
Gedung Perbendaharaan Luar telah digunakan sebagai kas negara resmi hingga pertengahan abad ke-19. Pajak yang dipungut dari negara dan dari provinsi, sumber daya yang berasal dari kampanye militer, bulu dan kaftan untuk diberikan kepada duta besar (hilat), sutra dan jubah brokat emas, bulu sable-lynx dan register tua dari Dewan Balai disimpan dengan aman di gedung ini. Gaji trimonthly (ulûfe) dari tentara janissari dan kavaleri (Sipahi) dan kampanye militer dan belanja angkatan laut, dan gaji pegawai negeri sipil dari administrasi pusat ditanggung oleh perbendaharaan ini. The Outer Treasury, yang berada di bawah tanggung jawab Bendahara (Defterdar) ditutup dan ditutup dengan membubuhkan cap Sultan yang dikonservasi oleh Wazir Agung.

Ward of the “Zülüflu” Guards

Bangsal Pengawal Zülüflu dibentuk pada abad ke-15 untuk tujuan pengenalan ke dinas militer. Korps melakukan tugas-tugas seperti membersihkan istana Harem dan Selamlık, melakukan komunikasi yang cepat dan rahasia dari sultan, membawa dan merakit kembali tahta untuk aksesi dan upacara hari raya keagamaan, memindahkan benda-benda berat dan membawa bier pemakaman sultan dan miliknya. anggota keluarga. Kata “zülüflü” (“jalinan”) berasal dari kepangan yang tergantung di kedua sisi tutup kepala berbentuk kerucut mereka. Kerah mereka dan kerahnya menghalangi mereka mengamati lingkungan di Harem sambil melakukan tugas mereka seperti membawa kayu bakar. The Zülüflu Guards Chamberlain adalah komandan mereka. Menurut tugas yang diberikan, mereka memiliki jabatan seperti Kepala Garda, Penjaga Kamar Dewan, Pemasok Pantry, Kapten Pengawal, Petugas Kamar, Produser Buah-Buahan Kering dan Kacang-kacangan, Pembuat Pipa Air, dan Pelari.

Privy Stables / Imperial Stables

Struktur yang digunakan untuk kuda-kuda Sultan dan Enderûn aghas (ğalar) adalah tanggal untuk periode pertama istana. Kandang yang stabil sejumlah tertentu kuda yang dipilih milik Sultan berada di bawah tanggung jawab stableman (imrahor). Ruang tertutup dengan kubah tunggal dan ruang penghubung yang terletak di ujung utara struktur berbentuk persegi panjang berfungsi sebagai ruang penyimpanan untuk harness yang berharga dan pelana Sultan, "Treasury Harness Kekaisaran" (Raht-ı Hümâyûn Hazinesi). Langit-langit berornamen dari ruang berkubah dipindahkan dari sini ke Kóçeoğlu Mansion selama renovasi tahun 1940. Bagian ini juga bertempat di apartemen Kreditur Stables '(Ahır Emini), juga disebut Kepala Stableman (Baş imrahor) dan petugas lainnya. Dari prasasti di gerbangnya, kami memahami bahwa bangunan itu benar-benar dipugar pada 1736 dan masjid tua serta pemandian di halaman dibangun kembali oleh Kepala Kasim Beshir Agha (Dârü’s-saâde Ağası Beşir Aga). Cekungan di halaman tanggal dari periode Fatih Sultan Mehmet (1451-81) dan Sultan Murat III (1574-95). The Imperial Stables terhubung dengan First Courtyard / Ceremony Square melalui jalur yang disebut Gerbang Stabil atau Gerbang Meyyit (Gerbang Pemakaman).

Beshir Agha Mosque and Baths

Masjid dan pemandian dibangun pada 1736 oleh Hadji Beshir Agha (Hacı Beşir Aga), Kepala Kasim Istana (Dârüu-saâde Ağası) selama waktu Sultan Mahmut I, untuk penggunaan pejabat Kekaisaran Istana. Strukturnya diangkat dari tanah (fevkani) dan dibangun dalam gaya neo-klasik. Dinding masjid ditutupi dengan plester tiruan batu bata sesuai dengan mode abad ke-18. Ia memiliki menara tunggal. Semua bagian-bagian kayu dan loge telah direnovasi sedangkan jendela kaca berwarna gaya baroque dan altar marmer adalah asli. Pemandian (hamam) yang terhubung ke sayap selatan masjid berkubah ganda.

Palace Kitchens

The Palace Kitchen juga disebut sebagai Dapur Utama (Mâtbah-ımire) melayani Sultan, orang-orang Enderûn dan Harem terbuka ke Halaman Kedua melalui pintu Pantry Utama (Kiler-i Âmire), Dapur Privy (Memiliki Mutfak) dan bagian dapur di mana makanan penutup dan permen dibuat, Helvahâne yang terletak di bagian belakang serambi. Ditempatkan di tiga sisi halaman dalam yang memanjang adalah Sherbet & Jam Room (Şerbethane / reçelhane), Dessert and Candy Room (Helvahane), dapur yang tepat, fasilitas sholat untuk koki dan juru masak dapur, rumah minyak, pantry yang digunakan hari ini sebagai arsip istana, dan terletak di seberang mereka adalah bangsal untuk koki dan koki. The Palace Kitchen juga melayani makanan kepada pejabat tinggi negara bagian, anggota Dewan Kekaisaran dalam sesi dan berbagai kelompok lain yang membentuk bagian dari hirarki Istana.
Dapur yang terdiri dari sepuluh bagian dibangun pada abad ke-15 dan dikembangkan dan diperbesar selama abad ke-16 di bawah pemerintahan Sultan Suleyman the Magnificent. Mereka dipulihkan setelah kebakaran tahun 1574 oleh Kepala Arsitek Mimar Sinan. Struktur berkubah rendah yang terletak di sebelah selatan dapur berasal dari abad ke-15. Dindingnya terbuat dari batu dan sistem penutupnya terbuat dari batu bata.
The Dessert and Candy Room (Helvahane), yang berasal dari zaman Süleyman the Magnificent, memiliki empat bagian. Ada tulisan prasasti tertanggal 1767 di sebelah kanan pintu masuk, dan sebuah air mancur. Air mancur dan Kelime-i Tevhid (Firman Kesatuan: Pernyataan iman islami dalam keesaan Tuhan) prasasti di pintu diyakini berasal dari perbaikan yang dilakukan pada tahun 1574. Satu akses dari Ruang Makanan Penutup dan Permen ( Helvahane) ke dalam Sherbet & Jam Room (Şerbethane / reçelhane) yang terletak di tepi pendek halaman. Ada sebuah prasasti di gerbang ini mengenai pekerjaan perbaikan yang dilakukan di struktur, menyebutkan nama Hadji Mehmet Agha dan tanggal 1699. Pintu-pintu dalam gaya kündekâri, yaitu terbuat dari ukiran kayu dengan motif geometris yang dirancang dan ubin Iznik yang digabung milik periode yang sama. Masjid yang dibangun pada abad ke-18 diberkahi dengan balok kayu. Serambi kayu dari jalan servis dapur dan struktur bangsal kayu telah dihilangkan dalam rangka renovasi tahun 1920.

Bâbü's-saade (Gate of Felicity)

Gerbang Kefasihan (Bâbü’s-saâde atau Bab-üs Saâdet) adalah pintu masuk ke Pengadilan Dalam (Enderûn), juga dikenal sebagai Halaman Ketiga, menandai perbatasan ke Pengadilan Luar atau Birûn. Halaman Ketiga terdiri dari area pribadi dan tempat tinggal di istana, termasuk Sekolah Enderûn. Sultan menggunakan gerbang ini, yang melambangkan kekuatannya, dan alun-alun Divan Meydanı hanya untuk acara-acara khusus seperti aksesi ke upacara tahta (cülûs), Resepsi Malam Bayram (Arife Divanı) - diadakan sehari sebelum Bayram Kudus - dan Penerimaan Bayram Greetings (Bayramlaşma Töreni). Sultan duduk di depan gerbang di tahta Bayram pada hari-hari keagamaan dan meriah ini, ketika para subyek dan pejabat melakukan penghormatan mereka berdiri.
Gerbang mewakili kehadiran Sultan di istana. Tidak ada yang bisa melewati gerbang ini tanpa otoritas Sultan. Bahkan Wazir Agung hanya diberikan otorisasi pada hari yang ditentukan dan dalam kondisi tertentu. Dianggap sebagai pintu utama ke tempat pribadi Sultan, Gerbang Felicity tetap tertutup setiap saat dan penyeberangan tanpa izin di belakang gerbang dianggap sebagai pelanggaran hukum terburuk dan menantang kekuatan mutlak Sultan. Gerbang itu berada di bawah kendali Kepala Kasim Harem Sultan (disebut Bâbüs-saâde Ağası) dan staf di bawahnya. Gerbang itu dibangun pada masa pembangunan awal Istana pada abad ke-15 sebagai bagian bertingkat dengan kubah yang ditopang oleh pilar-pilar marmer yang ramping. Sistem topeng rococo dan dekorasi milik era Sultan Abdülhamit I dan Selim III (1789-1807). Kubah langit-langit kayu bertumpu pada empat tiang marmer dengan ibu kota Ionic yang mewujudkan elemen klasik yang mewakili gaya yang disebut Turki Baroque, dibangun di bawah Sultan Abdülhamit I (1775). Lansekap lanskap melengkung, dekorasi sederhana dari langit-langit dan atap, panji-panji di kubah dan peleknya mencerminkan gaya Kekaisaran era Sultan Mahmut II (1808-39). Batu utama façade depan diberkahi dengan prasasti besmele ("Dalam nama Tuhan, Maha Pemurah, dan Maha Penyayang") dan monogram Sultan Mahmut II dalam tulisan tangannya sendiri, serta dengan prasasti yang berisi eulogi dalam ayat memuji Sultan Abdülhamit ditambah dengan monograms pada fasad lateral dan pada façade belakang ada prasasti dengan nama-nama sultan yang sama; prasasti ini merupakan dokumen yang relevan dengan perbaikan yang dilakukan di gerbang oleh penguasa berturut-turut sepanjang tahun.
Di kedua sisi gerbang terdapat tempat-tempat dari Kepala Kasim Harem Sultan (disebut Bâbü's-saâde Ağası) dan juga dari Kasim Putih (Akağalar) yang bertanggung jawab atas Enderun. Ini membuka ke alun-alun Alun-alun Divan melalui teras berujung runcing dengan puncak stalaktit bertanggal ke abad ke-16.

Sokhumi Fortress Inscription

Prasasti awalnya milik Benteng Sokhumi di pantai Laut Hitam dibangun di bawah Sultan Ahmet III (1703-30). Itu dibawa ke Istana Kekaisaran selama Perang Ottoman - Rusia (1877-78). Sebuah monogram berusia 1877-tahun (tughra) dari Sultan Abdülhamit II memahkotai pengenalan epigraf dalam ayat.

Courtyard III

Third Court / Enderun Courtyard

Enderûn (yang berarti "paling dalam") adalah bagian "selâmlık" yang disediakan untuk pria, dari kompartemen pribadi istana. Itu juga disebut "Harem-i Hümâyûn" (Imperial Seraglio) bersama dengan Harem di mana Sultan tinggal bersama keluarganya. The Enderûn Courtyard yang mengambil bentuk selama pemerintahan Fatih Sultan Mehmet - Sang Penakluk - (1451-1481), terdiri dari teras tempat paviliun Sultan berada, teras marmer yang disebut Sofa-i Hümayun (Balai Kekaisaran) menyimpan rumah-rumah Sultan taman bunga. Halaman itu berisi juga tempat tinggal Sekolah Enderûn, yang diperuntukkan bagi pendidikan anak-anak yang direkrut melalui Devshirme (Ottoman Turki: Devşirme) - sebuah sistem perekrutan anak-anak muda dari latar belakang asing untuk melayani Kekaisaran Ottoman.
The Enderûn Institution, terinspirasi dari skema organisasi negara dari Kekaisaran Great Seljuk dan Seljuk Kesultanan Rum, berfungsi selama berabad-abad sebagai pembentukan Utsmani utama yang ditujukan untuk pendidikan dan pelatihan para anggota masa depan dari birokrasi tingkat tinggi dan militer, di mana juga keterampilan artistik siswa di berbagai bidang dikembangkan. Dalam kerangka sistem Devshirme yang disebutkan di atas yang ada sejak paruh pertama abad ke-15 sampai akhir abad ke-17, Sultan Ottoman menciptakan kelas pegawai negeri yang setia kepada mereka, dididik dalam prinsip-prinsip agama Islam. dan budaya Turki. Sekelompok halaman yang direkrut demikian dididik di Istana seperti itu dan yang lainnya dilatih di tentara. Mereka akhirnya ditugaskan untuk posisi peringkat tinggi di aparat negara setelah sekolah mereka. Dari abad ke-18 dan seterusnya, pos-pos tinggi ini ditempati oleh penduduk asli Turki.
Selama fase awal, anak-anak itu dipastikan sebagai murid bagi keluarga Turki di mana mereka belajar bahasa Turki dan dibesarkan dalam tradisi dan adat istiadat masyarakat Turki. Setelah fase itu, mereka dikirim ke sekolah persiapan. Yang paling berbakat di antara mereka kemudian diterima di kelas-kelas Sekolah Enderûn. Di sana, para magang belajar di bangsal berurutan mulai dari Ruang Besar dan Kamar Kecil, terus masing-masing melalui Asrama Pasukan Ekspedisi (Seferli Koğuşu), bangsal Pantry, Treasury, dan Kamar Pribadi. Para siswa yang memenuhi tugas-tugas simbolis yang relevan dengan fungsi masing-masing bangsal tertentu, kemudian memiliki kemungkinan untuk menaiki tangga kantor-kantor publik sampai ke pos Wazir Agung (Pendiri Menteri Agung dari segel kekaisaran Sultan).
The Enderûn Courtyard begitu terstruktur untuk menyoroti bangunan-bangunan Sultan, seperti di tempat-tempat lain di Istana. Tempat tinggal yang digunakan oleh Sultan seperti Paviliun Penakluk, juga disebut Kios Penakluk (Fatih Köşkü), Kamar Pribadi, dan Paviliun Kolam Renang terletak di pusat dan sudut-sudut bagian dalam halaman sedangkan bangsal digunakan oleh para mahasiswa Enderun Sekolah terletak di sisi luarnya. Bangsal-bangsal ini membuka ke halaman melalui beranda mereka memiliki tata letak interior yang terdiri dari aula kecil yang dikelilingi oleh asrama, ruang kaca dan pemandian. Lingkungan Enderûn berbaris dalam susunan hirarkis yang diatur sesuai dengan tingkat kelas pelatihan. Bangsal Ruang Besar dan Kecil yang terletak di setiap sisi Gerbang Felicity (Bâb-üs Saade) dan Bangsal dari Pasukan Ekspedisi (Seferli Koğuşu) yang didirikan pada abad ke-17 setelah menghancurkan Pemandian Sultan Selim II akan menjadi bagian bawah dari Sekolah Enderûn. Sementara yang lain adalah Pantry, Departemen Keuangan dan bangsal Kamar Privat. The Privy Chamber Ward dikenal terkait dengan Kamar Privy yang sebenarnya. Juga di arah ini, ada Masjid Aga (Ağalar Camii). Di tengah-tengah halaman Enderûn adalah Paviliun Kolam Renang yang dihancurkan pada abad ke-18 dan digantikan oleh Perpustakaan Enderûn (Perpustakaan Ahmet III).
Pembentukan tentara baru pada tahun 1826 setelah penghapusan Korps Janissari juga merupakan kesempatan untuk menciptakan sistem pendidikan baru. Setelah tanggal ini, Enderûn School and Institution mulai kehilangan arti pentingnya.

Arz Odası (Audience Hall)

The Audience Chamber, juga dikenal sebagai Audience Hall atau Chamber of Petitions (Arz Odası- Arz Dîvanhanesi), terletak tepat di belakang Gate of Felicity dan menyatu dengan itu melalui lekuk adalah tempat utama yang mewujudkan kontak langsung Sultan dengan administrasi negara. Ini adalah tempat yang disebut sebagai Kantor Tinggi (makam-ı muallâ) dalam keputusan Sultan. Sultan digunakan untuk menerima duta negara asing di ruangan ini. Ini juga merupakan tempat di mana mereka secara seremonial menyerahkan Spanduk Suci (Sancak-ı Şerif) kepada para komandan pasukan ekspedisi yang sedang melakukan kampanye militer. Pada hari Minggu dan Selasa, yaitu Hari Audiensi adat (Arz Günleri) dan juga setelah pertemuan Dewan Kekaisaran (Dîvân-ı Hümâyûn), para sultan mengadakan konsultasi pribadi dengan para pejabat negara di sini. The Audience Chamber adalah contoh klasik dari arsitektur paviliun gaya Turki, struktur berkubah yang terdiri dari ruang singgasana dan ruang wudhu di sebelahnya. Ini memiliki dua pintu di depan dan satu di sisi belakang. Sementara para Sultan hanya menggunakan pintu belakang, pintu depan digunakan oleh para pejabat negara dan para duta besar yang diberikan audiensi oleh para sultan. Hadiah yang disajikan oleh duta ditempatkan di depan jendela besar dengan batang besi di tengah façade utama antara dua pintu dan Gerbang Gökeş (Hadiah) di sebelah kiri (Pişkeş Kapısı, Pişkeş berarti hadiah dibawa ke atasan). pemerintahan Sultan Suleyman the Magnificent adalah periode yang paling mulia dari Audience Chamber. Struktur ini mengalami beberapa perbaikan dari tanggal 16 hingga abad ke-19. Namun demikian prasasti dalam ayat menghiasi kubah di atas ruang tahta menunjukkan bahwa itu awalnya dibangun pada masa pemerintahan Sultan Mehmet III (1595-1603). Langit-langit yang dipernis dari permata bertatahkan tahta dihiasi dengan motif bunga, di antaranya digambarkan perjuangan naga melawan simurgh sebagai simbol kekuasaan. Ruang tahta ini disimpan dengan kerusakan terkecil dari api 1856. Namun, tudung perapian, ubin di permukaan kubah dan di dinding, jendela kayu dan pintu sayap dihiasi dengan kulit penyu dan ibu mutiara dan semua barang di dalamnya telah dibakar. (Gambar langit-langit singgasana dengan hiasan Simurgh-nya.) Setelah kebakaran tahun 1856, Ruang Pemirsa dipulihkan pada masa pemerintahan Sultan Abdülmecit. Struktur yang telah direnovasi dalam gaya Kerajaan oleh para arsitek dan pengrajin yang membangun Istana Dolmabahçe mencapai masa kini dengan dekorasi dalam gaya Kekaisaran dan Neoklasik. Prasasti relief monogram berbentuk marmer yang memuji Sultan Abdülmecit yang terletak di kedua sisi pintu, tentu saja ditambahkan setelah restorasi itu. Dinding dilapisi selama abad ke-19, dengan panel ubin tanggal ke abad ke-16. Air mancur di sebelah kanan pintu masuk ditugaskan oleh Süleyman the Magnificent. Di atas gerbang yang digunakan oleh para sultan, kami menemukan monogram Sultan Mustafa III (1757-1774) dengan prasasti perbaikan. Ada juga sebuah prasasti yang ditulis dalam kaligrafi Sultan Mahmut II di atas Gerbang Pişkeş (Hadiah) yang disebutkan sebelumnya.

Library of Ahmet III / Enderun Library

Sebuah perpustakaan yayasan yang diberikan untuk kepentingan siswa Sekolah Istana Enderûn dibangun oleh Sultan Ahmet III (1703-1730), menggantikan mantan Pool Pavilion. Puisi Arab dalam enam ayat yang tertulis di gerbang utama bangunan ini, yang merupakan perpustakaan pertama yang didirikan di gedung Istana, terletak di pusat Enderûn Courtyard, menunjukkan tahun 1719 sebagai tanggal pembuatannya, sesuai dengan hasilnya. perhitungan numerologi. Hal ini dijelaskan dalam prasasti bahwa Sultan Ahmet III memiliki tempat tinggal ini, ditakdirkan untuk mengumpulkan buku, dibangun dengan biaya sendiri sebagai perbuatan baik untuk melayani cita-cita luhur mendorong pembelajaran sains. Juga disebut Enderûn Library, bangunan terdiri dari ruang tengah dengan atap berkubah menjulang di atas sub-struktur berkubah. Konstruksi telah diperpanjang melalui iwans di ketiga sisinya. Fasad eksterior dilapisi marmer. Dikelilingi oleh dua air mancur, satu di sisi bangunan, dan yang lainnya di sisi halaman. Bangunan ini, sebagai bagian dari bangunan Istana, adalah contoh terbaik dari arsitektur paviliun Era Tulip, yang bertahan tanpa kehilangan ciri khasnya. Interior Sultan Ahmet III didekorasi dengan ubin Century Iznik abad ke-16. Ubin dibawa ke sini dari istana kekaisaran lain dan rumah mewah di Istanbul. Kubah dan kubah yang dihiasi dengan motif vegetal diproduksi melalui malakari - plaster dekoratif - karakteristik teknik dari Era Tulip. Sayap-sayap jendela dan pintu digabung dengan pola geometris klasik. Kusen jendela dan pintu ditutupi dengan ubin gabungan abad ke-17; langit-langit adalah batu bertatah dengan figur geometris, seperti Baghdad dan Revan Pavilions. Kawat perak yang ditempatkan di lemari buku terletak di antara jendela. Koleksi buku perpustakaan yang terdiri dari buku-buku yang berasal dari harta pribadi Sultan Ahmet III, dan buku-buku yang diberkahi oleh Sultan Abdülhamit I dan Sultan Selim III disimpan di sini sampai 1965, tanggal setelah itu diintegrasikan ke dalam koleksi Perpustakaan Istana.

The Dormitory of the Expeditionary Force

The Dormitory of Expeditionary Force (Seferli Koğuşu) dibangun pada 1635 di bawah Sultan Murat IV (1623-1640) di sebidang tanah yang dihancurkan dari Sultan Bath (Hünkâr Hamamı). The Expeditionary Force Ward yang lama terdiri dari air mancur di depan Hamam milik Sultan, sebuah pemandian, sebuah masjid kecil dan asrama yang sebenarnya. Bangunan itu diruntuhkan dan dibangun kembali oleh Sultan Ahmet III pada 1719, dalam rangka pembangunan Perpustakaan Enderon. Pada periode itu, sebuah arcade termasuk kolom-kolom Paviliun Kolam yang dihancurkan ditambahkan di depan bangsal. Inti sebenarnya dari bangunan yang didukung oleh tujuh kolom telah bertahan hingga hari ini. Kubah barel dari aula besar di sisi halaman dari Expeditionary Force Ward, yang terdiri dari dua ruang yang saling terkait, didasarkan pada lengkungan dan kolom batu. Aula kecil di bagian depan Marmara memiliki langit-langit kayu. Prasasti di atas pintu masuk ke bangsal mengandung monogram Sultan Mahmut II (1808-1839) yang memulihkan bangunan itu.
The Shirvan, kasus kaca dan tempat tidur kayu telah dihapus dari ruang selama restorasi 1916. Tulisan di atas gerbang masuk membawa nama Sultan Mehmet Reşat V yang melakukan perbaikan ini dilakukan pada tahun Hijriah - A.H. 1335 (Gregorian, 1916). Huruf itu berbunyi: "Bangsal ini yang merupakan Asrama dari Pasukan Ekspedisi Induk diperbaiki dan diintegrasikan ke dalam Treasury Kekaisaran atas perintah berdaulat dan instruksi tertinggi dari Emir of the Faithful, Yang Mulia Sultan Ghazi Mehmed Reşad Khan".
Setelah menjalani beberapa kali restorasi, bangsal saat ini menaungi Koleksi Lemari Istana (Padişah Elbiseleri Koleksiyonu) dengan koleksi kostum berharga sekitar 2.500 pakaian, mayoritas kaftan yang berharga dari para Sultan.

Sultan Mehmed II (Conqueror) Pavilion/ Treasury Department

The Conqueror's Pavilion, juga disebut The Conqueror's Kiosk (Fatih Köşkü) dengan arcade-nya di depan adalah salah satu struktur tertua dari Istana yang dibangun di bawah Fatih Sultan Mehmet II (Sang Penakluk) di tahun 1462-63, sehingga membentuk rencana Istana Topkapı. Ini memiliki tata letak tempat quad seperti paviliun Sultan lainnya di dalam Istana. Paviliun Fatih memiliki fitur khusus arsitektur kekaisaran, dengan kamar-kamarnya yang luas, terasnya dalam penampilan iwan, ruang depan dengan serambi, gerbang tingginya di belakang beberapa kolom porfiri, jendela yang dalam dan ceruk di dindingnya dan perapiannya yang megah. The Conqueror's Pavilion adalah aplikasi monumental yang terbuat dari batu-batu yang berbentuk rumah tradisional dengan aula luar. Tembok besar bangunan dan dua ruang bawah tanah berkubah didukung oleh sub-struktur yang meliputi pembaptisan Bizantium kecil yang dibangun di sepanjang rencana trefoil, yang ditemukan selama penggalian di ruang bawah tanah. Struktur yang awalnya langit-langit kayu dan ditutupi dengan atap berlapis-lapis telah direnovasi selama abad ke-16 untuk mendapatkan tampilan yang sekarang. Paviliun Penakluk yang dibangun oleh Fatih Sultan Mehmet sebagai pondokan kontemplasi segera berubah menjadi tempat di mana barang-barang perbendaharaan dilestarikan. Sebagai harta yang diperkaya secara substansial setelah ekspedisi Mesir Yavuz Sultan Selim, teras dan beranda ditutup melalui dinding untuk melindungi benda-benda yang sangat berharga. Selama masa pemerintahan Sultan Mahmut I (1730-1754) kolom porfiri hijau di depan pintu utama telah diasah sehingga menciptakan ruang baru yang disebut Harta Peninggalan (Elçi Hazinesi). Dengan demikian, portal monumental Pavilion dan seluruh façade yang menghadap ke Third Courtyard ditutup dengan pintu dan jendela. Selanjutnya, bengkel perhiasan ditambahkan ke gedung pada 1766 untuk perbaikan di tempat artikel berharga dalam koleksi Kamar Dagang. Semua tambahan ini akhirnya dihapus pada periode berikutnya mengembalikan bangunan ke penampilan abad ke-16

Treasury Ward

Bangsal ini didirikan oleh Sultan Mehmet Sang Penakluk. Halaman-halaman dari Bendahara Perbendaharaan yang memiliki tempat penting di dalam Enderûn Institution bertanggung jawab atas pelestarian dan perlindungan harta istana yang tepat. Arsitektur asli bangsal terdiri dari arcade depan, dinding luar bata dan interior kayu. Itu bersebelahan dengan Departemen Senjata dan Ward Pantry, tetapi lebih besar dari itu. Inspektur Keuangan Seferlili Dayezâde Mehmed Bey memiliki bangsal awal yang dirobohkan bersama dengan Pantry Ward dan memiliki struktur sekarang yang dibangun. Saat ini lebih kecil dari sebelumnya karena jarak antara Pantry Ward dan Departemen Senjata diamplifikasi.
Otoritas yang bertanggung jawab atas Bendahara Bendahara, yang mempertahankan kepentingan dan keberadaannya dari pembentukan kekaisaran sampai akhirnya adalah Inspektur Keuangan. Halaman-halaman bangsal yang sangat dihormati di dalam sistem Enderûn adalah penjaga Departemen Keuangan. Mereka terus memperbarui buku-buku keuangan, melakukan pengambilan stok rutin; entri dan keluar dari objek yang masuk dan terdaftar ke dan dari Departemen Keuangan.
Satu-satunya prasasti Bendahara yang masih ada di atas gerbangnya. Ini adalah sejarah Saffet dalam ayat-ayat yang ditulis oleh Calligrapher Mustafa İzzet Efendi. Ini menunjukkan tahun 1275 A.H. (1858 Gregorian) menurut hasil perhitungan numerologi. Meskipun Enderûn Institution dibubarkan pada abad ke-19, Bendahara Perbendaharaan bersama dengan Bangsal Kamar Privat dilestarikan.

Privy Room and the Pavilion of the Holy Mantle

The Privy Chamber (Has Oda) juga dikenal sebagai Chamber of the Mantle of Felicity (Hırka-I Saadet Dairesi) dibangun di bawah Sultan Mehmet the Conqueror (1451-1481) di Enderûn Courtyard sebagai rumah pribadi untuk Sultan Ottoman. Ini adalah paviliun istana dua lantai dengan tata ruang quad (empat bagian). Ruang ruang ganda di pintu masuk disebut Aula dengan Air Mancur (Şadırvanlı Sofa) karena air mancur marmer yang terletak di bawah kubahnya. Dua bagian lain dari lokasi empat bagian terdiri dari dua kamar berkubah yang terhubung melalui pintu satu sama lain dan ke Fountain Hall.
Pintu masuk ke Privy Chamber mengalami berbagai modifikasi di bawah Sultan Ahmet III (1703-1730). The Kelime-i Tevhid (The Word of Unity: Deklarasi iman Islam dalam kesatuan Tuhan) bertanggal 1725, ditulis dalam karakter Celî Sülüs (gaya tulisan Arab dengan huruf besar yang digunakan dalam tulisan prasasti) adalah karya Sultan Ahmet III yang merupakan ahli kaligrafi yang terampil. Di kedua sisi pintu kita melihat dua prasasti lagi dalam bentuk monogram. Di sisi kanan terjadi frasa, "Cihan Meliki Hakan-ı Emced": "Khan Agung Sovereign of the Universe" dan kalimat di sisi kiri berbunyi, "Şeriat Sâliki Sultan Ahmed": "Sultan Ahmed Devotee dari Shari ' a ”(Hukum kanon Islam).
Ruang pertama di sisi kanan setelah masuk melalui Fountain Hall adalah Arz-hane - (Ruang Presentasi) di mana Sultan menerima Arz Ağaları (Squires yang bertanggung jawab atas pengajuan dan / atau presentasi) dan menerima pengajuan mereka. Ruang kedua terletak di sudut adalah bagian paling penting dari bangunan, yaitu, Ruang Tahta (Taht Odası) atau Kamar Privy yang sebenarnya (Has Oda). Yavuz Sultan Selim menetapkan ruang ini untuk konservasi dan perlindungan Mantle Holy atau Mantle of Felicity (Hırka-i Saadet) - diyakini telah dipakai oleh Nabi Mahomet - ia dibawa kembali dari ekspedisi Mesir dan memerintahkan perubahan signifikan dalam organisasi dari Kamar Privy. Sultan, yang tinggal di sini sampai paruh kedua abad ke-16, terus secara tradisional sampai akhir kekaisaran, untuk duduk di ruangan ini sebelum upacara aksesi tahta. Mereka membayar kunjungan ke "Mantle of Felicity" setiap tahun, pada tanggal 14 dan 15 bulan Ramadhan, dalam kerangka upacara resmi. The Privy Chamber dipertahankan dan dipulihkan dengan sangat hati-hati oleh semua Sultan Sultans karena menghormati relik suci yang terlindung di dalamnya. Setiap sultan pada masanya sangat mementingkan untuk menjaga tempat dalam kondisi prima. The Privy Chamber memiliki ubin yang dirancang paling awal di antara paviliun sultan, yang berasal dari akhir abad ke-16 dan yang untungnya bertahan hingga hari ini.

Ağalar Mosque

Masjid Squires (Ağalar Camii) adalah masjid terbesar di istana. Ini juga salah satu konstruksi tertua, berasal dari abad ke-15 yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Mehmet the Conqueror. Sultan, pengawal dan halaman akan datang ke sini untuk berdoa. Masjid itu sejajar dalam garis diagonal di halaman untuk membuat wajah penguburan Mekah. Terletak di samping Kamar Privy di sisi Golden Horn di Enderûn Courtyard. Bagian tengahnya yang besar ditutupi dengan lemari besi besar di abad ke-18. Ada dua ruang lateral yang sempit di masing-masing kedua sisi. Ada mihrab terpisah (altar) di bagian menghadap Kamar Privy. Bagian lateral kedua yang menghadap sisi lain dicadangkan untuk para pengawal dari Asrama Pasukan Ekspedisi dan Pantry dan Perbendaharaan untuk melakukan doa-doa mereka. Tiga jendela di bagian belakang bagian besar terbuka ke Masjid Harem di mana Sultan serta Sultana (Ibu dari Sultan yang memerintah) dan istri Sultan digunakan untuk memenuhi doa-doa agama mereka.
Dinding Masjid Aga ditutupi dengan ubin abad ke-17. Contoh yang paling menarik adalah tumpukan dengan huruf Arab vav, dengan tanda tangan dari Archer Mustafa. Ini adalah ruang yang disediakan untuk doa-doa para pengawal tingkat tinggi. Restorasi paling signifikan yang dilakukan pada abad-abad sebelumnya, bangunan batu dan bata ini adalah renovasi oleh Es-Seyyid Mehmed Aga dari masjid kecil yang berdekatan, menurut prasasti pintu di pedalaman. Prasasti ubin di bagian dalam pintu mengacu pada tanggal 1136 A.H. (1722 Gregorian) dan dengan nama "Es-Seyyid Mehmed Aga". Bangunan yang digunakan sebagai gudang dari tahun 1881 dan seterusnya dipulihkan pada tahun 1916. Prasasti yang lebih baru oleh Kâmil Akdik tertanggal 1928 menunjukkan bahwa setelah pemugaran lebih lanjut dari Masjid Aga pada tahun 1925, buku-buku dari Perpustakaan Sultan Ahmet III (Enderûn) dan lainnya perpustakaan di Istana semua pindah ke sini sehingga semua perpustakaan di Istana disatukan di bawah nama Perpustakaan Baru atau Perpustakaan Istana.

Kilerli Koğuşu

Fatih Sultan Mehmet memiliki Pantry Ward yang dibangun, dalam rencana area Topkapı Palace, antara Pavilion Penakluk dan Bangsal Departemen Keuangan. Kepala Bangsal Pantry, Pantry Ward Chamberlain juga adalah Inspektur yang menangani masakan Istana Kerajaan secara keseluruhan. Tugas-tugas halaman Bangsal Pantry adalah persiapan hidangan Sultan, pengaturan dan pemindahan meja makan malam kekaisaran, perawatan yang tepat dari peralatan dapur Sultan yang berharga. Selain menyiapkan bahan makanan seperti pasta, sirup, sherbet, buah-buahan dan buah-buahan kering untuk Sultan, halaman-halaman itu membuat lilin untuk digunakan di berbagai paviliun, apartemen dan masjid di Istana. Mereka juga menyiapkan obat untuk pasien di Enderon Infirmary. Pada bulan April, mereka mengumpulkan "Air Hujan Bulan April" yang diyakini memiliki khasiat penyembuhan dan menyajikannya kepada Sultan.

Dormitory of Privy Chamber/Sultans Portrait

The Privy Chamber diubah menjadi akomodasi untuk para pejabat Mantle of Felicity di paruh kedua abad ke-19 dengan menambahkan lemari besi ke tiang-tiang Kamar Privy di halaman Enderun, dan menutupnya. Kolom, kubah dan dinding batu di dalam tanggal bangunan dari pemerintahan Mehmed II (1441-1446 / 1451-1481). Saat ini bangsal sedang digunakan sebagai ruang pameran untuk koleksi Potret Sultan.

Courtyard IV

Fourth Court

Tempat Keempat terdiri dari Taman Tulip dan teras yang disebut Imperial Hall (Sofa-i Hümâyûn). The Pond Terrace juga disebut Marble Hall diperluas ke arah menghadap Golden Horn dengan penambahan paviliun baru pada paruh pertama abad ke-17 di bawah Sultan Murat IV (1623-1640) dan Sultan Ibrahim (1640-1648). The arcade sofa marmer mengambil bentuk mereka saat ini di 1916.
Kios Hall kayu yang digunakan sebagai ruang rahasia oleh para sultan dan Menara Paviliun Batu / Hekimbaşı (Kepala Dokter) yang terletak di Taman Lâla (Tulip) di bawah Teras Kolam telah bertahan hingga saat ini. Ada berbagai kebun anggur dan pohon buah-buahan termasuk pohon jeruk dan lemon di samping banyak tempat tidur bunga yang dihiasi dengan berbagai mawar, tulip, hyacinth, anyelir dan bunga melati di Taman Tulip.
Di sayap Taman Tulip menghadap ke Laut Marmara terletak Kios Besar, juga dikenal sebagai Kiosk Mecidiye, Grand Pavilion atau Kios Abdülmecit I (Mecidiye Köşkü), dibangun dalam gaya Kerajaan pada tahun 1840, yang merupakan penambahan signifikan terakhir pada istana, bersama dengan Wardrobe Chamber tetangga (Esvap Odası) dan Masjid Hall (Sofa Camii), dibangun atas perintah Sultan Abdülmecit I. The Tulip Garden terhubung ke tanah rekreasi publik saat ini Gülhane Park, taman mawar kekaisaran tua, melalui Gerbang Mabeyn (Interval) yang menjulang dengan tanda Serkis Balyan, arsitek kerajaan Utsmani yang terkenal (tautan luar), yang membangun Kiosk Mecidiye yang disebutkan di atas.

Circumcision Room

The Circumcision Room (Sünnet Odası) diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Kanunî Sultan Suleyman - Sultan Suleyman the Magnificent. Kota ini terletak di kawasan paling spektakuler di istana yang menghadap distrik Galata. Paviliun ini awalnya direncanakan sebagai kios musim panas Sultan (Yazlık Oda) disebut sebagai Ruang Khitan, karena fakta bahwa itu adalah tempat yang digunakan untuk sunat - sebuah tradisi agama dalam Islam untuk kebersihan dan kemurnian - upacara para pangeran-anak Sultan Ahmet III (1703 -1730).
Paviliun single-hall berbentuk kuasi-persegi memiliki dapur kecil di belakang. Ubin warna biru-putih yang dibuat dalam gaya jerami yang menutupi bagian muka bangunan itu adalah karya muralis terkenal Shah Kulu pada abad ke-16. Bangunan ini direnovasi pada 1640 oleh Sultan Ibrahim (1640-1648) sebagai bagian dari pembangunan kembali teras.

Revan Kiosk

Paviliun Revan dibangun pada 1635 di bawah Sultan Murat IV (1623-1640) untuk mengenang penaklukan Yerevan (Revan), di sebidang tanah yang diperoleh dengan mengurangi ukuran kolam yang ada di Sofa-i Hümâyûn sejak saat Sultan Mehmet Sang Penakluk (1451-1481). Paviliun diyakini telah dikandung oleh Kepala Arsitek periode, Koca Kasim Aga, dengan denah oktagonal memiliki tiga iwans. Langit-langit gazebo terletak di antara dua iwans di sisi timur menghadap ke Taman Tulip yang bertuliskan beberapa ayat dari Kaside-i Bürde (puisi suci).
Pada 1733, pada masa pemerintahan Sultan Mahmut I (1730-1754) sebuah perpustakaan yayasan yang terdiri dari buku-buku yang sangat berharga, terutama sejarah, ditakdirkan untuk menggunakan Halaman Kekaisaran (Has Odalılar), didirikan di lemari kayu dari paviliun . Perpustakaan yang dikembangkan lebih lanjut oleh Sultan Osman III (1754-57) dan Sultan Mustafa III (1757-1774), telah dimasukkan dalam koleksi Perpustakaan Museum Istana ketika istana diubah menjadi museum.
Paviliun Revan juga disebut sarık odası (ruang serban) oleh beberapa sumber dengan mengacu pada fakta bahwa peninggalan suci disimpan di sana selama upacara pembersihan tradisional Kamar Suci Suci Kudus yang dihadiri oleh para sultan.

Baghdad Kiosk

The Baghdad Kiosk (Bağdad Köşkü) terletak di bagian kanan dari Marble Terrace. Dibangun pada 1639 untuk memperingati kampanye Baghdad Sultan Murat IV (1623 - 1640), mungkin oleh Kepala Arsitek Koca Kasim.
Ayat-ayat Alquran yang tertulis pada selubung yang membungkus bangunan di sekelilingnya ditulis dalam warna putih Celî Sülüs (gaya tulisan Arab dengan huruf besar yang digunakan dalam menulis tulisan) karakter dengan latar belakang biru oleh Tophaneli Enderûnî Mahmut Çelebi, seorang kaligrafer istana yang terkenal pada jaman itu. . Kuplet dalam bahasa Persia yang tertulis di atas gerbang ke paviliun termasuk Kelime-i Tevhid (Kata Kesatuan: Pernyataan iman Islam dalam keesaan Tuhan). Buku-buku yang dianugerahkan oleh Sultan Abdülhamit I (1774-1789) dan Sultan Selim I (1780-1807) ditempatkan di lemari-lemari paviliun yang dilengkapi dengan ibu dari mutiara, kulit penyu dan gading pintu kayu hias. Buku-buku Perpustakaan Paviliun Baghdad telah terintegrasi juga dalam Koleksi Perpustakaan Museum Istana, setelah konversi istana menjadi museum. Ruangan kecil di belakang rumah itu digunakan sebagai dapur kopi.

Iftaree Pavilion

Paviliun İftar yang disepuh, juga dikenal sebagai İftar Kiosk atau İftar Bower (İftariye Köşkü atau İftariye Kameriyesi) dibangun di bawah Sultan Ibrahim (1640-1648). Paviliun tombak yang berbentuk ceruk, terpisah dari Teras Marmer melalui posisinya yang menonjol, mendominasi taman yang lebih rendah dan Tanduk Emas dan Galata. Para sultan dilaporkan telah memiliki kebiasaan untuk membuat iftar mereka yaitu berbuka puasa di bawah bower ini setelah matahari terbenam selama bulan puasa Ramadan, di mana datang nama İftariye Kiosk. Beberapa sumber menyebut tempat peristirahatan ini sebagai "Kursi Bulan Purnama" di mana para sultan menerima bayram (akhir liburan Ramadhan) salam dari orang-orang Enderûnî (anggota lingkaran paling dalam dari Istana) kapan pun periode Bayram bertepatan dengan musim panas . Mereka juga menyaksikan dari sini acara olahraga dilakukan di halaman bawah.

Sofa Kiosk

The Sofa Pavilion juga disebut Kara Mustafa Pasha Pavilion atau Merdivenbaşı Kasrı (Top of the Stairs Pavilion) dibangun di bawah Sultan Mehmet IV (1648-1687). Struktur yang terdiri dari dua bagian independen yang disebut Divanhane (Divan-Lounge) dan Şerbet Odası (Sherbet Room) mengalami serangkaian restorasi selama periode Sultan Ahmet III (1703-1730) dan Sultan Mahmut (1730-1754).
Paviliun tempat para sultan menonton acara-acara olahraga yang dilakukan oleh halaman-halaman Enderun, mengadakan pembicaraan dan pertemuan, tunduk pada beberapa perbaikan selama berabad-abad. Hari ini, itu menonjol sebagai contoh pertama dalam sejarah gaya arsitektur yang disebut sebagai "Rococo Turki".

Sofa Mosque

Kios Tenda dan Kios of Swordbearer (Silahdarağa Köşkü) berhasil satu sama lain di situs di mana awalnya Sultan Mehmet Sang Penakluk memiliki Paviliun Tempat Ketiga yang dibangun pada saat Istana Topkapi pertama kali didirikan. Sumber menyebutkan bahwa Masjid Sofa asli (Sofa Camii) pertama kali didirikan bersama dengan fondasi korps bernama Sofa Ocağı selama periode Sultan Suleyman yang Luar Biasa.
Sultan Mahmut II memiliki Kios of the Swordbearer yang diruntuhkan pada tahun 1809 karena itu menjadi tempat di mana plot dethroning Sultan Selim II telah direncanakan, dan telah Sofa Mescit (masjid kecil) dibangun di tempatnya. Pada tahun 1859, bersamaan dengan pembangunan Mecidiye Pavilion dan Wardrobe Chamber, Sultan Abdülmecit telah mescit menghancurkan dan membangun Masjid Teras (Sofa). Dari prasasti yang ditulis oleh Safvet, kami memahami bahwa masjid ini dibangun untuk pejabat Departemen Keuangan dan Bendahara Distrik untuk melakukan doa mereka.
Sofalılar Ocağı, Ordo Keeper Teras, setelah masjid itu bernama adalah organisasi istana tua. Lingkungan mereka terletak di bawah Paviliun Tenda. The Terrace Keeper dapat dianggap sebagai bagian dari Pengawal Istana; mereka melayani sebagai penjaga tempat Keempat dan Kelima, dan mengurus pembersihan Kamar Mantera Kudus.

Mecidiye Kiosk

The Mecidiye Pavilion adalah bangunan terbaru di Topkapı Palace. Itu ditugaskan oleh Sultan Abdülmecit pada 1859 ke Serkis Balyan, arsitek Istana Dolmabahce. Awalnya disebut Kios Baru, itu kemudian bernama Kios Mecidiye dengan mengacu pada Sultan Abdülmecit yang telah dibangun. Itu didirikan di ruang bawah tanah berkubah dari Tempat Ketiga dan Kios Tenda yang berasal dari abad ke-15; bagian-bagian tertentu dari dinding dan fondasi bawah tanah di bawah tanggal dari periode Bizantium. Selama periode akhir dimana para sultan memindahkan tempat tinggal permanen mereka ke Dolmabahçe dan Yıldız Palaces, mereka akan mengunjungi Istana Topkapi hanya untuk perjalanan singkat dan tinggal di Paviliun Mecidiye ketika mereka akan datang ke sini untuk Aksesi mereka ke Upacara Tahta (Cülus) atau kunjungan prosesi mereka ke Mantle of Felicity.

Chief physician’s Room / Head Tutor’s Tower

Menara Kepala Tutor (Baş Lala Kulesi), juga dikenal sebagai Kamar Kepala Dokter (Hekimbaşı Odası) dibangun sebagai menara pengawas selama masa Sultan Mehmet II (Sang Penakluk) pada era Romawi Timur segmen kota-dinding berbentuk.
The Chamber of the Chief Physician adalah semacam apotek pengadilan yang dinamai dari kepala dokter pengadilan, dokter mata dan ahli bedah yang jumlahnya berkisar antara 60 hingga 70, dan yang termasuk dalam struktur pemerintahan Ottoman yang disebut "Bîrûn" (kebalikan dari Enderûn yang berarti terdalam, Bîrûn yang berarti luar, eksternal, adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk kelompok pejabat pemerintah yang tempat kerjanya juga di dalam istana tetapi di luar lingkaran dalam istana kaisar). Selain Kamar Dokter Kepala ada dua apotek dan lima rumah sakit di pengadilan, termasuk satu di tempat Harem.
Sultan pada khususnya dan semua anggota Harem dan Enderûn secara medis dirawat oleh sekelompok dokter, dokter mata dan ahli bedah yang dipimpin oleh Kepala Dokter. Campuran dan obat-obatan yang akan diberikan kepada pasien disiapkan oleh petugas kesehatan di bawah wewenang Kepala Dokter dan khususnya, halaman-halaman dari Bangsal Pantry. Campuran khusus ini disiapkan kemudian disimpan dalam pot khusus, mangkuk dan botol. Abdülhak Molla yang bertugas di bawah Sultan Abdülmecit (1839-1861) adalah dokter kepala terakhir dari Istana Topkapi. Setelah Istana Topkapı berhenti menjadi kediaman permanen penguasa Utsmaniyah, Kamar Kepala Dokter telah digunakan sebagai ruang musik istana dan kemudian sebagai bengkel perbaikan senjata. Pada awal abad ke-20, bangunan yang dipulihkan digunakan untuk mengumpulkan bahan medis dan farmasi.

Wardrobe Chamber (Esvap Odası)

Wardrobe Chambers tempat pakaian dan perhiasan Sultan disimpan di Istana sejak zaman Fatih Sultan Mehmet. Tugas konservasi yang sesuai dari pakaian mengenakan kekaisaran diasumsikan pada periode awal oleh Dülbent Ağası (Muslin Master). Pada periode selanjutnya, fungsi itu dipenuhi oleh Esvabcıbaşı (Kepala Penjaga Pakaian) dan krunya. Wardrobe Chamber yang terletak di dekat Mecidiye Pavilion adalah satu-satunya bangunan bertuliskan nama yang kita kenal hari ini di Istana Topkapi.

Interior









About the Author

Firza Adrian / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.