TUGAS I: ISD SEBAGAI MKDU
1. Pengertian ISD
ISD adalah pengetahuan yg menelaah masalah2 sosial, khususnya masalah2 yg diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori2 (fakta, konsep, teori) yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu2 sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah) MK.ISD merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep2 yg dikembangkan untuk melengkapi gejala2 sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
2. Tujuan ISD
ISD membantu perkembangan wawasan penalaran
dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri-ciri
kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan
sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain, serta
sikap dan tingkah laku manusia-masalah lain terhadap manusia yg bersangkutan
secara timbal balik.
Sebagai salah satu dari mata kuliah dasar umum. Ilmu
Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar:
- Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada di dalam masyarakat.
- Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
- Menyadari setiap masalh sosial yang timbul dala masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
- Memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Sumber:
http://ahmadmuchtar19.blogspot.co.id/2012/10/rangkuman-materi-ilmu-sosial-dasar_2207.html
3. 3 Kelompok Ilmu Pengetahuan
3 Kelompok Ilmu Pengetahuan pada dasar pengelompokan ilmu
pengetahuan dapat dikelompokan menjadi tiga yaitu adalah Ilmu Pengetahuan Alam,
Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Budaya atau yang lebih umum
disebut adalah Ilmu Pengetahuan Humaniora.
Pengelompokan ilmu pengetahuan ini yang mendasari
pengembangan Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar, Ilmu
Pengetahuan Alam dan Ilmu Alamiah Dasar bisa di satu keterkaitkan dengan IPA
Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Sosial Dasar bisa di satu keterkaitkan dengan
IPS Ilmu Pengetahuan Budaya dan Ilmu Budaya Dasar bisa di satu keterkaitkan
dengan Humaniora pada dasarnya semuanya saling keterkaitkan dengan salah satu
bidang yang sama dan tujuan yang sama.
Penjelasan Ilmu Pengetahuan Alam adalah istilah yang
digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam
dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun. sedangkan
dari sisi Ilmu Alamiah Dasar adalah mempelajari tentang metode – metode ilmu
kealaman dalam menjelaskan gejala – gejala alam secara lebih filosofis.
Penjelasan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah sekelompok
disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia
dan lingkungan sosialnya. Sedangkan Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang
menelaah masalah – masalah sosial, khususnya masalah – masalah yang diwujudkan
oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori – teori seperti (fakta,
konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam
lapangan ilmu – ilmu sosial seperti (Geografi Sosial,
Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan
Sejarah).
Penjelasan Ilmu Pengetahuan Budaya adalah ilmu-ilmu
pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti
membuat manusia lebih berbudaya. Kategori yang tergolong dalam ilmu ini seperti
(Teologi, Filsafat,H ukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik
(Kajian bahasa), Kesusastraan, Kesenian, Psikologi). Sedangkan Ilmu Budaya Dasar
adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar kebudayaan pola yang terjadi
dalah kehidupan sehari – hari dalam manusia.
Sumber:
https://fikalpratama.wordpress.com/2013/09/28/ilmu-sosial-dasar/
4. Perbedaan ISD Dengan IPS
Perbedaan ISD dan IPS yaitu :
- Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruaan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
- Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
- Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan social diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
Sumber:
https://fikalpratama.wordpress.com/2013/09/28/ilmu-sosial-dasar/
5. Persamaan ISD Dengan IPS
Persamaan ISD dan IPS yaitu :
- Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
- Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
- Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah sosial.
Sumber:
https://fikalpratama.wordpress.com/2013/09/28/ilmu-sosial-dasar/
6. 3 Golongan Bahan Pelajaran ISD
Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan
menjadi 3 golongan yaitu:
- Konsep-konsep sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
- Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lain saling berkaitan
- Kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
- Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan.
Sumber: http://intermezzocafe.blogspot.co.id/2011/09/ilmu-sosial-dasar-3-golongan-bahan.html
0 komentar:
Posting Komentar